Logo Daihatsu
Menu

Ukuran Carport 1 Mobil yang Ideal untuk Garasi Rumah, Yuk Cek!

Otomotif

2023-07-31

Ukuran Carport 1 Mobil yang Ideal untuk Garasi Rumah, Yuk Cek!

Sebelum membuat garasi di rumah untuk mobil yang hendak dibeli, sebaiknya para pemilik mobil perlu mengetahui ukuran carport 1 mobil yang ideal. Sebab jika, terlalu sempit mobil akan mudah tergores. Dan sebaliknya, jika garasi terlalu lebar akan menghabiskan lahan yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Lalu berapa standar ukuran parkir mobil yang ideal? Berikut ulasannya.

Berapa Ukuran Carport yang Ideal untuk 1 Mobil?

Ukuran ideal carport untuk 1 mobil sangatlah beragam, tergantung dari jenis mobil yang Anda gunakan. Seperti diketahui setiap mobil tentu memiliki dimensi yang berbeda-beda. Berikut ukuran ideal carport untuk 1 mobil dilihat dari dimensi mobil.

1. Mobil dengan dimensi bodi kecil

Untuk mobil dengan dimensi bodi kecil, ukuran carport yang ideal untuk 1 mobil memiliki panjang mulai dari 4,3 meter hingga 4,9 meter. Untuk lebarnya sendiri 1,5 meter hingga 1,8 meter. Dan tingginya kurang lebih 1,2 hingga 1,5 meter. Ukuran carport ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil jenis hatchback, LCGC, MPV desain kompak, hingga sedan. 

2. Mobil dengan dimensi bodi sedang 

Ukuran carport yang ideal untuk 1 mobil dengan dimensi bodi sedang, membutuhkan lebar kurang lebih 1,7 meter hingga 1,9 meter. Dengan panjang carport kurang lebih 4,8 meter hingga 5,5 meter, dan tinggi kurang lebih 1,4 meter hingga 1,8 meter. Ukuran carport ini biasanya digunakan untuk menyimpan mobil-mobil jenis MPV, sedan, hingga SUV berukuran sedang.

3. Mobil dengan dimensi bodi besar

Untuk mobil dengan dimensi bodi besar, ukuran ideal carport untuk 1 mobil memiliki panjang 4,9 meter hingga 6 meter. Untuk tingginya kurang lebih 1,5 meter hingga 1,8 meter, dan lebarnya 1,8 hingga 2,2 meter. Ukuran carport ini sangat ideal untuk menyimpan mobil jenis SUV dan MPV besar, serta mobil jenis pick up dengan kabin ganda. 

Baca Juga : Mengetahui Ukuran Garasi Mobil dan Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuatnya

Rumus Menghitung Carport (Garasi) untuk 1 Mobil yang Ideal

Selain ukuran ideal carport di atas, Anda juga dapat mengukur sendiri ukuran carport yang ideal untuk 1 mobil. Anda bisa menggunakan rumus berikut.

1. Rumus pengukuran panjang carport

Untuk panjang carport yang ideal, Anda bisa menambahkan 100 cm hingga 200 cm dari panjang mobil Anda. Dengan begitu, mobil tidak akan mudah tergores karena masih ada ruang antara dinding carport atau pintu garasi dengan mobil.

2. Rumus pengukuran lebar carport

Untuk lebar carport yang ideal, Anda bisa menambahkan 100 cm dari lebar mobil. Dengan begitu Anda bisa keluar dari mobil dengan leluasa, dan jarak pintu mobil ke dinding garasi aman.

3. Rumus pengukuran tinggi carport

Untuk tinggi carport yang ideal, paling sedikit Anda bisa menambahkan jarak kurang lebih 100 cm. 

Contoh:

Anda memiliki mobil Daihatsu Terios dengan ukuran panjang 4,4 meter, lebar 1,695 meter, dan tinggi 1,740 meter. Ukuran carport yang ideal untuk 1 mobil Daihatsu Terios sebagai berikut.

  • Panjang mobil + 100 cm (1 meter) = 4,4 meter + 1 meter = 5,4 meter
  • Lebar mobil + 100 cm (1 meter) = 1,695 meter + 1 meter = 2,69 meter (di bulatkan menjadi 2,7 meter)
  • Tinggi mobil + 100 cm (1 meter) = 1,740 meter + 1 meter = 2,740 meter (di bulatkan menjadi 2,9 meter

Dengan adanya contoh perhitungan di atas, sekarang Anda sudah bisa menentukan ukuran carport ideal Anda secara mandiri bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengurus STNK Hilang yang Bukan Atas Nama Sendiri, Mudah lho!

2023-12-20

Cara mengurus STNK hilang bukan atas nama sen

thumbnail

Daftar Harga Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 150 Juta, Terbaik!

2023-03-08

Memiliki mobil bekas dengan harga bersahabat dan memiliki spesifikasi mumpuni, baik dari kualitas performa mesin, material, hingga desain bukanlah khayalan semata. S

thumbnail

Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar serta Contohnya

2022-09-02

Perlu Anda ketahui bahwasanya setiap kendaraan bermotor menggunakan jenis mesin yang berbeda. Mesin kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin pembakaran dalam dan luar. Lalu a

thumbnail

Mengenal Lebih Jauh Tentang PDR, Alat Untuk Memperbaiki Body Mobil yang Penyok

2022-06-26

Kendaraan memang dapat memudahkan perjalanan Anda  dan keluarga untuk bepergian kemana saja. Namun ada kalanya, sulit untuk menemukan perawatan yang cocok dan baik