Logo Daihatsu
Menu

5 Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Yuk Kenali!

Otomotif

2022-11-22

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower pada mobil

Bicara soal AC mobil, semua orang pasti sudah mengenali komponen ini. AC mobil merupakan komponen yang berfungsi mendinginkan udara dan menyejukkan kabin mobil. Mengingat fungsi AC yang begitu penting, membuat produsen AC mobil mengembangkan komponen ini hingga tercipta AC double blower. Lantas apa perbedaan antara AC single blower dan double blower? Agar Anda tidak salah memahaminya, perhatikan ulasan berikut ini.

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower Pada Mobil

Saat ini perkembangan AC mobil terbilang cukup cepat, jika dahulu AC hanya memiliki satu blower, namun sekarang sudah memiliki dua blower. Perkembangan tersebut dilakukan untuk memanjakan pengguna mobil. 

AC mobil juga merupakan komponen mobil yang turut menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak membeli mobil. Berikut akan diulas secara mendalam mengenai perbedaan antara AC single blower dan double blower. Perbedaan antara kedua AC tersebut dapat dilihat dari segi berikut:

1. Jumlah blower

Perbedaan AC single blower dan double blower yang pertama yaitu pada jumlah blower. Seperti yang diketahui, penamaan AC single blower dan double blower mengacu pada segi jumlah blower yang dimilikinya. AC single blower memiliki jumlah blower hanya satu buah saja. Sedangkan AC double blower memiliki dua blower.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Merek AC Mobil Terbaik

2. Tata letak

Perbedaan kedua dari kedua AC tersebut dapat dilihat dari segi penempatan di dalam mobil. AC single blower biasanya diletakkan pada bagian dashboard mobil. Sedangkan pada AC double blower diletakkan pada bagian dashboard mobil dan bagian tengah kabin mobil.

3. Kualitas suhu yang dihasilkan

Perbedaan ketiga dari kedua AC tersebut, dapat dilihat dari kualitas suhu yang dihasilkan. Mengingat letak AC single blower yang terpasang di bagian dashboard mobil. Maka suhu dingin yang dihasilkan hanya berdampak pada bagian depan dan tengah kabin saja.

Akibatnya saat melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan kondisi penumpang yang lumayan banyak maka suhu dalam kabin masih terasa kurang dingin. 

Sedangkan AC double blower dapat mendistribusikan suhu dingin lebih baik dibandingkan AC single blower. Tata letak AC double blower membuat jangkauan suhu dingin AC lebih jauh lagi. Bahkan suhu dingin masih bisa dirasakan pada bangku belakang penumpang.

4. Kenyamanan ketika berkendara

Melihat kualitas suhu dingin yang dihasilkan dari kedua jenis AC tersebut. Bisa disimpulkan bahwa AC single blower dapat memberikan kenyamanan dengan baik bila digunakan pada mobil jenis SUV.

Mobil jenis SUV memang bisa digunakan sebagai mobil keluarga, namun ukuran mobil ini tidak terlalu besar. Ukuran mobil SUV sangat cocok untuk AC single blower karena penyebaran suhu dingin bisa merata dengan baik. 

Namun, jika digunakan pada mobil jenis MPV dirasa kurang cocok. Hal tersebut mengingat ukuran mobil MPV jauh lebih besar dan luas dibandingkan mobil SUV.

Mengingat iklim Indonesia yang beriklim tropis, membuat AC single blower kurang optimal menyebarkan suhu dingin di mobil MPV. Oleh karena itu, mobil MPV lebih cocok menggunakan AC double blower.

Baca Juga : Ciri-Ciri Filter AC Mobil Harus Diganti & Cara Membersikannya

5. Pengaruh terhadap performa mobil

Perbedaan selanjutnya, bisa dilihat dari performa mobil ketika melakukan perjalanan jauh. AC double blower memang lebih unggul dibandingkan AC single blower.

Namun, AC double blower mempengaruhi tarikan mesin mobil menjadi lebih berat sehingga performa mobil akan sedikit berkurang. Kondisi tersebut membuat konsumsi bahan bakar juga sedikit boros, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

Setelah Anda mengetahui perbedaan ac single blower dan double blower seperti di atas. Anda lebih tertarik menggunakan jenis AC yang mana? Mengingat fungsi AC yang begitu penting, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin terhadap komponen ini. Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat jika Anda membutuhkan bantuan perawatan komponen mobil yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Roof Rail: dari Fungsi hingga Tips Pemasangan agar Mobil Tetap Aman

2021-02-02

Roof rail adalah aksesoris mobil yang bisa membuat sehingga mobil tampak gagah. daripada lainnya yang tidak memilikinya. Namun, ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi

thumbnail

Jenis-Jenis Transportasi Udara Berdasarkan Penggunaan dan Mesin Penggerak

2021-01-05

Transportasi udara adalah moda transportasi yang beroperasi di udara. Seperti halnya transportasi darat dan laut, transportasi udara juga punya fungsi yang beragam. Terg