Logo Daihatsu
Menu

7 Komponen Rangkaian Lampu Sein Mobil dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-02-13

rangkaian lampu sein mobil

Di dalam rangkaian lampu sein mobil terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan untuk menyalakan lampu. Dengan begitu, lampu dapat menyala dan memberikan tanda akan berbelok. Hal tersebut dapat menghindari risiko kecelakaan seperti tabrakan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa komponen yang terdapat di dalam rangkaian lampu sein serta cara kerjanya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Komponen Rangkaian Lampu Sein pada Mobil

Berikut beberapa komponen rangkaian lampu sein pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Aki

Aki merupakan komponen rangkaian lampu sein pada mobil yang paling utama. Sebab, aki dapat dikatakan sebagai baterai karena fungsinya yang menjadi penyuplai arus listrik. Dengan begitu, sistem kelistrikan mobil dapat bekerja dengan baik termasuk lampu sein.

2. Saklar

Komponen ini berfungsi sebagai pengaktif sistem kelistrikan sehingga lampu sein dapat diaktifkan ke arah kanan atau kiri sesuai arah yang Anda butuhkan. Komponen ini terletak di area sekitar setir mobil dan bentuknya menyerupai tuas. Komponen ini juga berfungsi untuk menyalakan lampu kepala.

3. Fuse

Komponen ini berfungsi untuk mengamankan rangkaian sistem kelistrikan mobil dari korsleting. Di dalam fuse sendiri terdapat kawat yang cukup tipis. Kawat tersebut nantinya akan memutus arus listrik yang terlalu besar atau melebihi kapasitas arus listrik kawat. Dengan begitu, sistem kelistrikan mobil aman dan tidak terbakar.

4. Relay

Komponen relay ini berfungsi menjembatani arus listrik yang berasal dari aki atau baterai menuju lampu sein melalui kontak. Di dalam kontak tersebut, terdapat selenoid coil yang terhubung langsung dengan saklar untuk mengalirkan arus listrik.

5. Flasher

Komponen ini terbagi menjadi dua jenis yaitu flasher elektronik dan bimetal. Kedua jenis komponen ini berfungsi sebagai pencipta efek kedip ketika lampu sein diaktifkan. Untuk jenis elektronik, menggunakan rangkaian flip flop untuk menghasilkan efek kedip on-off secara periodik.

Sedangkan untuk jenis bimetal, untuk menghasilkan efek kedip, flasher memanfaatkan panas yang menginduksi plat.

6. Bohlam lampu

Komponen ini berfungsi sebagai tempat pengubah energi listrik sehingga menjadi energi cahaya. Dengan begitu, ketika lampu sein diaktifkan, maka akan keluar cahaya kuning dari bohlam lampu sebagai penanda mobil akan berbelok.

7. Wiring

Wiring merupakan serangkaian proses perangkaian kabel yang dihubungkan ke seluruh komponen kelistrikan mobil. Dengan adanya wiring, kabel-kabel dalam sistem kelistrikan mobil menjadi tampak rapi. Selain itu, wiring juga berfungsi untuk menghubungkan arus listrik yang berasal dari baterai atau aki menuju ke semua komponen rangkaian lampu sein.

 Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu

Cara Kerja Lampu Sein

Lampu sein memiliki cara kerja sendiri. Ketika Anda menyalakan lampu sein mobil. Maka aki akan menghantarkan aliran listrik menuju bagian kunci kontak. Setelah itu, arus listrik akan dilanjutkan ke bagian fuse sein dan diteruskan ke terminal B1. 

Arus listrik dari B1 selanjutnya diteruskan ke bagian F2 flasher menuju terminal F1. Jika Anda menyalakan saklar lampu sein ke arah kanan. Maka arus listrik dari terminal F1 akan diteruskan ke bagian TR sehingga lampu sein kanan baik bagian depan atau belakang mobil menyala bersamaan dan berkedip. Tidak hanya lampu sein kanan mobil yang menyala, lampu indikator panel dashboard juga akan menyala sebagai penanda lampu sein telah berfungsi. 

Namun, jika Anda menggeser saklar lampu sein ke arah kiri, maka yang akan menyala adalah lampu sein kiri mobil baik bagian belakang ataupun depan. Ketika Anda hendak menyalakan lampu sein, pastikan kunci mobil Anda ON agar lampu sein bisa menyala.

Sekarang Anda sudah mengetahui komponen rangkaian lampu sein dan cara kerjanya pada mobil. Pastikan Anda melakukan perawatan mobil secara teratur di bengkel resmi Daihatsu agar lampu sein dapat berfungsi dengan baik sehingga kenyamanan dan keamanan berkendara Anda lebih terjamin.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mematikan Wiper Mobil dan Simbol yang Dimilikinya

2022-07-22

Wiper memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil di bagian depan serta belakang. Meskipun tidak semua mobil memiliki komponen ini. Pembersihan dengan menggunakan wiper dapat menghilangkan minyak

thumbnail

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak Beserta Solusinya

2020-12-03

Kopling adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting. Komponen ini bisa membantu mencegah mesin mati saat perpindahan gigi terjadi pada mobil berkecepatan rendah.Sebagaimana komponen

thumbnail

Cara Menghitung Penyusutan Mobil Bekas

2020-11-21

Menghitung penyusutan mobil bekas adalah prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaan. Setiap pemilik mobil atau perusahaan harus tahu soal perhitungan ini agar lebih paham tentang penyus

thumbnail

Pengertian Body Roll dan Dampaknya Bagi Kendaraan

2021-01-13

Body roll merupakan salah satu dari berbagai macam istilah yang berkaitan dengan Kendaraan Seperti ground clearance, interior, eksterior dan lain sebagainy