Logo Daihatsu
Menu

Berapa Lama Umur Transmisi Matic Mobil? Ini Idealnya

Otomotif

2022-08-05

Berapa Lama Umur Transmisi Matic Mobil? Ini Idealnya

Bagi Anda yang sering mengemudi mobil matic, apakah sudah tahu berapa sih umur transmisi matic mobil? Jika belum, simak pembahasan dibawah ini sampai tuntas.

Bicara soal mobil matic, tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Di balik penggunaannya yang mudah karena memiliki transmisi otomatis atau yang lebih dikenal transmisi tanpa menggunakan pedal kopling

Selain itu, mobil matic juga memiliki tarikan yang halus saat dikemudikan. Dibalik kelebihannya tersebut, ternyata juga memiliki kelemahan yaitu umur transmisi matic mobil di klaim lebih pendek daripada transmisi manual.

Lantas berapa idealnya umur transmisi matic? Apakah umur transmisi matic dapat diperpanjang? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Umur Ideal Transmisi Matic Mobil

Berapa berapa lama umur transmisi matic?

Idealnya umur pakai transmisi matic mobil bisa sampai menyentuh jarak tempuh 300.000 km atau setara dengan 5 hingga 7 tahun.

Namun, Anda juga bisa memperpanjang atau memperpendek umur transmisi matic. Hal tersebut bisa terjadi tergantung bagaimana Anda melakukan perawatan dan bagaimana cara Anda mengendarai mobil.

Baca Juga : 6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Jebol

Hal-hal Yang Dapat Memperpendek Umur Transmisi Matic

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat dan memperpanjang umur transmisi mobil matic serta hal apa saja yang harus Anda hindari.

1. Terlambatnya Mengganti Oli Transmisi

Penyebab utama sistem transmisi matic rusak adalah terlambatnya penggantian oli transmisi, kehabisan oli transmisi, atau oli yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan transmisi.

2. Adanya Kebocoran

Ciri mobil matic bermasalah salah satunya ditandai dengan adanya kebocoran oli. Pastikan Anda selalu mengecek volume oli matic dengan memantau dipstick, usahakan oli tidak tidak kurang atau habis, karena dapat merusak transmisi matic.

3. Gaya Berkendara Terlalu Sering Kickdown atau Engine Brake

Pastikan saat ingin melakukan engine brake atau kickdown pada mobil matic sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, mobil matic Anda akan cepat rusak dan sering bermasalah.

4. Penempatan Tuas Transmisi Matic Tidak Sesuai

Pastikan Anda menggunakan tuas transmisi sesuai petunjuk, misal saat ketika Anda ingin menanjak atau turun pastikan gunakan tuas L jangan sampai memposisikan tuas di D, karena bila tidak sesuai penempatan akan menyebabkan transmisi cepat rusak. 

Tips Memperpanjang Umur Transmisi Matic Mobil

Banyak yang bertanya-tanya, apa benar mobil matic cepat rusak? Tentu saja tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil matic.

Untuk merawat dan memperpanjang umur transmisi matic mobil Anda, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Perhatikan Gaya Berkendara

Pastikan Anda tidak agresif ketika sedang berakselerasi, tidak agresif saat menggunakan fitur seperti tiptronic. Beri jeda pada saat memindah tuas dari L ke D kurang lebih 1-2 detik.

Pada saat ingin berhenti di tanjakan pastikan Anda menggunakan hand brake atau fitur kontrol seperti hill assist control, dan hindari melewati jalur yang memiliki banyak tanjakan agar transmisi awet.

2. Servis Secara Berkala

Sebaiknya Anda melakukan servis mobil di bengkel resmi transmisi mobil matic secara berkala. Seperti Anda ketahui, biasanya kerusakan transmisi mobil paling banyak disebabkan karena habisnya oli pada transmisi.

Sebaiknya Anda melakukan penggantian oli transmisi secara rutin dengan jarak tempuh setiap kelipatan 30.000 km.

Tetapi, apabila Anda tinggal didaerah yang terbilang rawan macet, panas, hingga berdebu sebaiknya Anda ganti oli transmisi lebih cepat dari jarak tempuh yang sudah ditentukan.

3. Jika ada Tanda Transmisi Rusak Segera Bawa ke Bengkel Resmi

Kerusakan transmisi biasanya ditandai dengan kejadian seperti ini :

  • Keluarnya suara atau bunyi yang aneh ketika Anda sedang memindah tuas transmisi.
  • Konsumsi bahan bakar mobil secara tiba-tiba menjadi lebih boros.
  • Gas terasa lebih berat saat dikemudikan.
  • Gas sering tersendat.
  • Mobil bergetar saat dikemudikan.

Apabila Anda menemui tanda-tanda tersebut sebaiknya Anda konsultasi kepada teknisi ahli dari bengkel resmi untuk membantu menangani keluhan Anda. 

4. Lakukan Perawatan Sesuai Buku Manual

Setiap mobil pasti memiliki buku petunjuk perawatan yang dikeluarkan oleh produsen mobil. Sebaiknya Anda melakukan perawatan mobil berkala sesuai saran dan aturan buku panduan tersebut. 

Begitulah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk memperpanjang umur transmisi matic mobil sehingga dapat mencapai umur ideal bahkan lebih.

Jika transmisi matic mobil Anda sudah mulai bergejala akan rusak, Anda bisa membawanya ke bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan terbaik.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Deretan Interior Mobil yang Perlu Dibersihkan Setelah Perjalanan Mudik

2022-05-06

Mudik lebaran merupakan salah satu kesempatan untuk kumpul bersama keluarga. Kendaraan yang digunakan untuk mudik haruslah dalam kondisi yang prima agar selamat sampai t

thumbnail

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk-Gluduk dan Solusinya

2023-03-21

Mengetahui penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk-guduk beserta solusinya sejak dini sangat diperlukan. Pasalnya bunyi tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengendara

thumbnail

Cara Mengatasi Body Kulit Jeruk yang Mulai Kusam

2022-04-28

Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan yang tampil cantik dan menarik? Sudah pasti semua orang menginginkan hal tersebut, khususnya bagi pecinta otomotif. Pada kendar

thumbnail

Aplikasi Waze Vs Google Maps, Mana yang Paling Diminati?

2020-11-23

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Waze dan Google Maps. Jenis aplikasi navigasi yang dikembangkan Google ini, tentunya sering anda gunakan sebagai petunjuk jala