Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna pada Mesin Mobil, Yuk Simak!

Otomotif

2023-07-03

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna pada Mesin Mobil, Yuk Simak!

Pembakaran sempurna pada mesin mobil berdampak besar pada performa mobil ketika bermanuver. Tentunya, mobil akan lebih bertenaga dan lebih kencang. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah pembakaran mesin sudah sempurna atau belum? Apakah ada ciri khusus yang bisa dikenali? Daripada penasaran, yuk perhatikan pembahasan berikut ini. 

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna pada Mesin Mobil

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui ketika pembakaran mesin sempurna. Berikut ciri selengkapnya.

1. Busi mengeluarkan bunga api berwarna biru

Ciri pertama, pembakaran mesin yang sempurna bisa Anda lihat dari bunga api yang dihasilkan busi. Seperti diketahui busi sangat berperan besar terhadap keberhasilan pembakaran mesin. Jika bunga api yang dihasilkan berwarna biru, itu tandanya pembakaran sudah sempurna. Anda bisa melihat bunga api tersebut di area elektroda busi. 

2. Warna elektroda busi berubah menjadi cokelat

Ciri kedua, dapat dilihat dari warna elektroda busi. Pembakaran mesin yang sempurna biasanya mempengaruhi warna elektroda busi menjadi cokelat. Perubahan warna ini terjadi akibat pencampuran bahan bakar dan udara dalam ruang pembakaran mesin. Pencampuran yang sempurna tersebut, akan mengubah ujung elektroda busi yang putih menjadi cokelat.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar serta Contohnya

3. Mesin tidak mengeluarkan suara seperti ketukan

Ciri ketiga, bisa Anda ketahui dari suara yang dihasilkan mesin mobil ketika melaju. Pembakaran mesin yang kurang sempurna, kerap kali menimbulkan suara seperti ketukan pada mesin mobil. Suara ini biasanya disebabkan oleh kualitas busi yang buruk hingga busi aus sehingga busi tidak dapat mengeluarkan bunga api dengan baik. Sedangkan pembakaran yang sempurna, membuat suara mesin menjadi halus dan tidak bergetar.

4. Usia pemakaian busi menjadi panjang

Ciri keempat, bisa Anda ketahui dari usia pemakaian busi. Seperti diketahui, busi yang berkualitas biasanya diganti apabila jarak tempuh mobil sudah mencapai 20.000-40.000 km. Pembakaran mesin yang sempurna bisa membuat usia busi sesuai dengan usia standar pemakaiannya bahkan lebih. Sedangkan pembakaran mesin yang kurang sempurna, dapat membuat busi rusak meski mobil baru menempuh jarak 2000 km.

5. Asap knalpot yang dikeluarkan mobil tidak hitam

Pembakaran mesin yang sempurna, juga mempengaruhi emisi gas buang mobil. Pembakaran yang sempurna, akan menghasilkan asap knalpot yang normal (tidak berwarna hitam). Hal ini tentunya sangat diperlukan, agar tingkat pencemaran udara tidak meningkat. 

6. Bahan bakar menjadi lebih irit

Ciri selanjutnya, bisa Anda lihat dari konsumsi bahan bakar mobil. Pembakaran mesin yang sempurna dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit. Mengapa bisa demikian? Karena pembakaran yang sempurna, membuat komposisi pencampuran bahan bakar dengan udara di dalam ruang pembakaran menjadi pas. Alhasil penggunaan bahan bakar sesuai dengan standar yang dibutuhkan dan tidak terbuang sia-sia. 

7. Performa mobil meningkat

Pembakaran yang sempurna pada mesin mobil juga berpengaruh besar terhadap kualitas performa mesin. Mobil akan menjadi lebih kencang, karena mesin mobil mampu mencapai tenaga dan torsi maksimal sesuai dengan standar pabrikan. 

Demikian beberapa ciri-ciri yang bisa Anda jadikan patokan apakah pembakaran mesin mobil Anda sudah sempurna atau belum? Agar hal tersebut bisa terwujud, jangan lupa lakukan pengecekan dan perawatan komponen mobil secara rutin dan berkala. Ganti komponen busi apabila sudah mulai aus. Pastikan gunakan busi yang orisinil dan berkualitas.

Untuk mendapatkan komponen mobil yang berkualitas serta mendapatkan perawatan mobil yang tepat, Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu. Jangan lupa gunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang sesuai standar atau lebih tinggi. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

2020-11-17

Komponen rem pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan. Rem sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Untuk mengatur laju kendaraa

thumbnail

Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

2022-04-07

Apakah Anda pernah mengganti tutup radiator? Ternyata tutup radiator ini perlu diganti secara berkala. Terlebih lagi saat kondisi pada klep karet atau bagiannya mengalam

thumbnail

16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

2022-08-16

Biasanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil terjadi disebabkan putusnya sekring mobil. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui arti kode sekring mobil dan cara membacanya sebelu

thumbnail

Penyebab Starter Dinamo Mobil Rusak!

2020-11-18

Pada mobil, tentunya starter merupakan salah satu komponen yang keberadaannya sangat penting. Starter mobil merupakan bagian yang berfungsi untuk menggerakan dinamo mobi