Logo Daihatsu
Menu

Daftar PCD Velg Mobil dan Cara Melihatnya, Yuk Ketahui!

Otomotif

2023-01-02

Daftar PCD Velg Mobil dan Cara Melihatnya, Yuk Ketahui!

Tidak semua orang puas dengan mobil desain bawaan pabrikan. Beberapa orang membeli mobil lalu memodifikasinya agar terlihat kustom dan cuma dia yang punya mobil seperti itu. Selain itu, alasan lainnya orang melakukan modifikasi adalah agar lebih sesuai dengan jati diri pemilik mobil tersebut. Saat Anda akan memodifikasi mobil Anda, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Contoh kecilnya saja ketika Anda ingin memodifikasi velg mobil Anda, Anda perlu tahu lebar velg, diameternya, offset, center bore, dan PCD-nya.

Apa itu PCD Velg Mobil?

Ketika mendengar kata PCD, mungkin tidak asing di telinga Anda, tapi tidak seberapa paham apa maksudnya. PCD singkatan dari Pitch Circle Diameter. PCD ini menunjukkan diameter jarak antara roda dan baut.

Setiap merek memiliki ukuran PCD yang berbeda-beda. Bahkan satu merek namun beda tipe, PCD-nya pun bisa beda. Untuk itu sebelum Anda memodifikasi velg ban mobil Anda, Anda harus tahu berapa ukuran PCD yang pas untuk mobil Anda.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Warna Velg Mobil yang Keren dan Kekinian

Daftar PCD Velg Mobil

Berikut ini adalah daftar PCD velg mobil Daihatsu berdasarkan jenis atau tipe mobilnya. Anda bisa dengan mudah menemukan PCD jenis mobil Daihatsu Anda di sini.

Apa maksud dari kode 4x100? Angka 4 merepresentasikan jumlah baut, sedangkan 100 adalah jarak diameter tengah lubang antarbaut yang saling berhadapan. Bagaimana jika bautnya ada 5? Hampir sama dengan yang berbaut 4, hanya saja dikira-kirakan titik tengah lubangnya.

Baca Juga : Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil

Cara Melihat dan Menghitung PCD

Cara lainnya untuk mengetahui atau menghitung PCD dengan langsung melihat tanpa melihat daftar merek dan tipe mobilnya, Anda bisa menggunakan bantuan penggaris.

Misalnya saja Anda akan menebak kode PCD sebuah mobil. Yang pertama dilakukan adalah Anda harus menghitung jumlah baut velg-nya terlebih dulu. Jika jumlahnya ada 4, maka PCD-nya adalah 4x. 

Selanjutnya, Anda ukur jarak antara tengah lubang batu satu dengan tengah lubang baut lainnya yang berhadapan. Jika ternyata Anda mendapatkan angka 10 sentimeter, maka ubah 10 sentimeter ini ke bentuk milimeter (mm), dan menjadi 100 mm.

Maka, kode PCD mobil tersebut adalah 4x100. Berdasarkan data yang sudah disiapkan sebelumnya, maka bisa ditebak mobil yang Anda ukur ada kemungkinan Daihatsu Ayla, Ceria, Espass, atau Sigra.

Jika Anda mendapati ternyata hasil pengukuran 11 sentimeter lebih dikit, maka yang paling dekat dengan daftar PCD adalah 114,3 mm. Biasanya ukuran PCD velg ini adalah mobil Daihatsu Xenia. Dan begitu pula yang bisa Anda terapkan untuk hasil pengukuran mendekati 14 cm, yaitu 139,7 mm.

Sangat mudah bukan cara menghitung PCD velg mobil? Anda bisa mencobanya di tipe mobil Daihatsu lainnya.

Itulah pengertian PCD, daftar lengkap PCD velg mobil Daihatsu, dan cara menghitungnya. Jika Anda ingin mendapatkan info yang lebih lengkap mengenai modifikasi velg mobil yang lebih banyak, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu. Di sana Anda juga bisa menemukan banyak pilihan velg yang bagus untuk mobil kesayangan Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tidak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Cek Koil Mobil Injeksi Sendiri

2020-12-29

Koil atau ignition coil merupakan suatu komponen yang dirancang sebagai penguat listrik pada sistem kelistrikan sebuah mobil. Sama halnya dengan komponen mobil pa

thumbnail

Drifting 101: Mulai dari Definisi hingga Teknik untuk Melakukannya

2021-02-23

Salah satu cabang olahraga otomotif yang cukup digandrungi adalah drifting. Olahraga ini mengharuskan tiap pesertanya untuk melajukan mobilnya dalam posisi miring. Kompe

thumbnail

Cara Kerja Handbrake (Rem Tangan) Mobil & Menggunakannya

2023-05-08

Handbrake mobil merupakan istilah lain dari rem tangan. Sesuai dengan namanya komponen ini memiliki fungsi untuk menghentikan laju mobil dengan cara menahan beban. B

thumbnail

Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis dan Perlu Diganti

2021-02-25

Agar pengalaman berkendara Anda selalu nyaman, maka berbagai komponen pada mobil yang digunakan harus dalam kondisi prima. Terlebih pada sistem pengereman, karena jika t