Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Berbagai Jenis Musim yang ada di Indonesia

Otomotif

2020-11-15

4 musim di indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara beriklim tropis yang hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. 

Namun di beberapa wilayah di tanah air, ternyata penduduknya sempat merasakan 4 musim berbeda layaknya berada di luar negeri. Bagaimana itu bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya dulu biar tidak salah kaprah.

1. Musim Panas Gurun

Masuk sebagai negara tropis yang memiliki kelembapan tinggi, di mana warga Indonesia sangat akrab dengan panasnya terik sinar matahari bahkan sejak matahari menyapa di ufuk timur. 

Bahkan dalam kondisi tertentu, hawa panas terus meningkat hingga puncaknya yang membuat masyarakat mudah gerah.  

Musim panas hampir setiap hari dirasakan, namun akan sedikit berbeda ketika Anda singgah di daerah Yogyakarta atau lebih tepatnya di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo. 

Mengapa wilayah satu ini terlihat istimewa untuk dikunjungi? Pasalnya pengunjung bisa merasakan bagaimana teriknya sinar mentari bak berada di padang pasir. 

Sejak matahari menampakkan dirinya, masyarakat sekitar sudah bersiap untuk merasakan bagaimana sengatan sinarnya yang begitu menusuk kulit. Namun ketika matahari sudah mulai bersembunyi, secara mendadak cuaca di sekitarnya begitu dingin. 

Baca juga: 10 Tempat Liburan di Jogja yang Terkenal Asik Buat Seru-Seruan Tahun 2020 

2. Musim Hujan 

Selain musim panas, masyarakat Indonesia juga sangat akrab dengan musim penghujan. Bahkan tanpa diduga, hujan bisa datang kapan saja meski bukan pada waktunya. 

Ketika musim hujan tiba, sepanjang jalanan terlihat genangan kecil yang menandakan bahwa daerah tersebut telah diguyur tetesan air dari langit tidak lama sebelum Anda melewatinya. Bagi Anda yang gemar dengan hujan, tidak ada salahnya mengunjungi atau tinggal kota Bogor

Sebab kota tersebut memiliki curah hujan cukup tinggi, sehingga warga sekitar tidak merasa terkejut ketika hujan mengguyur wilayahnya secara mendadak. Sayangnya di beberapa daerah, hujan panjang membawa musibah musiman seperti banjir dan tanah longsor. 

3. Musim Gugur 

Musim di indonesia yang tidak terduga selanjutnya adalah musim gugur. Ketika musim gugur tiba, Anda bisa menyaksikan dedaunan kering tersapu angin yang berhasil memberikan kesan damai dan menenangkan. Pemandangan indah tersebut bisa ditemukan di kawasan Jawa Timur serta di beberapa daerah lainnya. 

Ketika musim gugur tiba, dedaunan dari pohon jati perlahan akan berubah warna menjadi kuning hingga menjadi merah kecoklatan lalu jatuh tersapu angin. Alhasil hanya menyisakan batang pohon yang berdiri tegak yang dihiasi dengan rantingnya saja. 

Baca juga: Tawarkan Beragam Keistimewaan, Ini 10 Tempat Liburan yang Asik di Malang

4. Musim Dingin Salju 

Siapa yang menyangka jika Indonesia juga bisa turun salju layaknya di negara Eropa? Pemandangan serba putih dan menenangkan tersebut bisa Anda nikmati di daerah Grasberg, Papua. 

Pasalnya kawasan tersebut berada di atas ketinggian 4.285 mdpl, serta memiliki suhu mencapai 2 derajat celcius. Sebagai negara tropis, sebagian masyarakat Indonesia penasaran bagaimana jika di kampung halamannya mendadak turun salju atau terjadi musim gugur.

Namun tanpa disadari, ternyata Anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menyaksikannya langsung. Sebab ada beberapa wilayah yang bisa Anda kunjungi ketika tertarik melihat 4 musim berbeda di Indonesia. 

 

Rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi

Patut Dicoba! Ini 10 Tempat Liburan yang Asik di Jakarta

Penghilang Penat, Ini 10 Tempat Liburan yang Asik Di Bandung

Menjelajah 10 Tempat Liburan Istimewa di Surabaya, Mau Ikut?

Nikmati Rekreasi yang Mengasyikan dari 10 Tempat Liburan di Bali 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Feroza Modifikasi Sendiri hingga Beli Bekas

2021-03-06

Daihatsu Feroza menjadi primadona di tahun 1990-an karena mobil tersebut tampak gagah dengan performa mesin yang tinggi. Meskipun diproduksi terakhir kali pada 1999, Dai

thumbnail

Inilah Fungsi Lampu Tanda Belok dan Rangkaiannya

2022-12-28

Lampu yang digunakan untuk kendaraan khususnya mobil bukan hanya

thumbnail

Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak, 100% Berhasil!

2022-10-21

Pernahkah aki basah di mobil Sahabat rusak? sebetulnya Sahabat tidak perlu datang ke bengkel. Kami akan membagikan cara memperbaiki aki basah. Dengan cara yang mudah da

thumbnail

Mengenal Fungsi Jalan Raya dan Berbagai Klasifikasinya

2021-01-05

Jalan raya adalah jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Jalan raya memiliki ukuran yang lebih lebar